Cari Blog Ini

Baca Juga

Ingin ngunduh / ndownload ?, Baca “Cara Ngunduh” dibawah entry ini!

Jumat, 21 Maret 2014

JAMUR SO / MLINJO

jamur so
JAMUR SO / MLINJO

Klasifikasi
Devisi              : Thallophyta
Sub divisi        : Fungi
Classis             : Eumycetes
Ordo                : Gasteromycetales
Famili              : Lycoperdaeae
Genus              : Scleroderma
Spesies            : Scleroderma aurantium
Selain jamur barat, ada juga jamur tak kalah lezat bernama jamur So. Kata So berasal dari pohon So atau pohon Melinjo, kalau kata “So” bersumber dari nama daunnya, sedangkan kalau Melinjo bersumber dari nama buahnya. Jamur So ini dinamakan demikian karena habitat tumbuhnya biasanya di bawah pohon So. namun dalam mencari jamur ini haruslah pada musim hujan,karena jamur ini biasa muncul saat musim hujan saja.

Ciri-ciri morfologi/Anatomi tubuh.
Bentuk tubuh              : Bulat tidak beraturan
Substrat                       : Hidup sebagai saprofit dalam tanah yang terdapat bunga tanah
Struktur Organ            : Eksoperidium, thallus, endoperidium, gleba, miselium
Warna                          : Coklat, kekuningan
Alat reproduksi           : Basidiospora yang berada di basidium
Jamur jenis ini termasuk aman dikonsumsi, asal dipilih yang masih muda atau belum berspora dan setelah mendapatkan jamur ini lalu pastikan jamur ini dalamnya masih bewarna putih,kemudian kupas kulitnya sampai warna kuningnya hilang. Jamur yang sudah tua atau pengupasannya kurang bersih akan menyebabkan keracunan apabila dimakan.
Dulu aku sering tuh nyari jamur So di kebun depan rumah yang ada pohon melinjonya. Walaupun cuman dapet 2 atau 3 biji itu udah seneng banget. Karna emang jamur ini nggak ada yang jual baik di pasar tradisional ataupun supermarket. Bahkan dulu sewaktu SD, kalau pas belajar kelompok dan giliran di rumah temanku, kebetulan kebun sebelah rumah temanku banyak pohon melinjonya. Aku dan temanku akan berburu jamur so. Kadang juga ketika aku pulang sekolah dan melihatnya di perjalanan (seringnya ada di bawah pagar dari tanaman tetean) aku akan memetik dan membawanya pulang. Cara memasaknya salah satunya dengan metode dilinthing, yaitu dengan cara dibungkus memakai daun pisang dengan dicampur bumbu berupa garam dan cabe sesuai selera, kemudian dibakar. Atau dipepes, tetapi kalau aku mendapat banyak jamur So orang tua kami biasanya memasaknya dengan cara ditumis bahkan kadang dibuat rica rica jamur So yang lezat. Rasanya enak, gurih dan teksturnya lembut seperti tahu.
Tanaman ini termasuk dalam golongan “jejamuran”, yang nama latinnya dikenal dengan
 Scleroderma Aurantium Vulgare. Bentuknya bulat seperti bongkahan telur, Peridium (kulit buah) berwarna coklat kekuningan, permukaan bagian dalam berwarna kuning, lebar sekitar 4-8 cm dan tinggi 2-6 cm, Gleba (bagian spora) dari warna putih menjadi gunduk keunguan dan akhirnya menjadi kecoklatan sampai coklat gelap sebagai spora.
Kandungan Senyawa Kimia
Jamur So mengandung senyawa kimia yang berupa Sterol, Glukosa, Fruktosa, Maltosa dan indol. Dalam ekstrak etanol, beberapa asam amino bebsa, alanin asparangin , phenyl alani, alfa asam aminobutyric, asam aspartat, asam glutamat, lensin, lisin, serin, tirosin dan valin telah teriindentifikasi menggunakan kramotagrafi kertas dua demensi (Grzybowska, 1967).

Jamur So tumbuh di hampir seluruh kepulauan Indonesia juga tersebar luas di Asia, Eropa dan Amerika Utara ditemukan di hutan terutama pada saat musim hujan dan tumbuh di sekitar pohon melinjo. Hanya saja di desa-desa pulau Jawa seperti sekitar kota Yogyakarta, jamur So ini sudah sulit dijumpai seiring dengan mulai habisnya populasi pohon melinjo dan usaha untuk membudidayakan jamur ini pun kelihatannya belum ada yang tertarik. Ada yang tertarik buat budidaya jamur ini? Sayang banget kan nanti lama lama punah, haha. Enak banget jamur ini soalnya.

Cara Ngunduh

Adf.ly adalah website untuk menyingkat URL suatu alamat web/blog yang panjang.Bagi anda yang menggunakan “PC” atau LAPTOP” sudah barag tentu mudah saja. Ketika anda mengklik judul lagu atau link maka anda akan menuju halaman Adf.ly disitu (sudut kanan) tunggu sejenak cuma 5 detik hingga muncul 'SKIP ADD" atau "LEWATI' silakan anda klik, maka anda akan diarahkan ke halaman "Hosting File " Mediafire, 4shared atau lainnya tempat kami menyimpan files.

Sedangkan ponsel dominan tidak tertanam javascript, yang sering memakai Opera Mini browsernya, pada umumnya opera mini itu tidak tertanam javascript maka ketika melewati adf.ly maka terjadilah kesulitan

Tips / Cara Melewati Adf.ly Via Operamini untuk mobile / ponsel:

01. Pilihlah links atau judul lagu (usahakan pilih klik kanan => Tab baru / New Tab agar tidak meninggalkan halaman blog ini)

02. Dan pastinya Countdown timer muncul serta berhenti pada angka 2 atu 1 (biasanya) sebelum muncul tulisan “Skip add”.

Lihat gambar dibawah ini
03. Kemudian lihat url address bar, silahkan anda hapus dan ganti dengan teks ” t”
04. Lanjutkan klik ok/enter dan lihat hasilnya… tombol “Skip add” atau “LEWATI” “ muncul.. dan klik tombol tersebut, maka halaman download segera terbuka
Semoga Sukses !